Minggu, 16 Desember 2012

JEEP PATRIOT

  Jeep Patriot



Jeep Masa Kini

Kombinasi performa mumpuni, kemampuan off-road, dan sistem audio yang inovatif.
Chrysler ke Indonesia bersama Dodge dan JeepPatriot. Jeep model ini sudah cukup lama tidak hadir ke Indonesia, setelah pesona Cherokee pada dekade ‘90-an.

Desain yang ditawarkan Patriot seperti milik SUV lain yang menawarkan aroma kelelakian yang kental, yakni tubuh boxy dengan garis-garis tegasnya. Kesan ‘macho’ sudah terlihat dari grille depan, termasuk lampu utamanya yang besar. Dan dari dimensinya, Patriot dapat dibilang “langsing”, dengan panjang 4.408 mm, lebar 1.784 mm, dan tinggi 1.667 mm. Bentuk yang tidak “gemuk” ini membuatnya lebih jantan.
Sayangnya, di bagian interior, material dashboard tampak biasa saja, karena bahan plastik yang digunakannya tidak istimewa. Namun, desain interior yang ditawarkan Patriot secara keseluruhan, terlihat menarik. Lupakan sejenak bentuk dashboard yang biasanya kaku, dan perhatikan panel instrumen dashboard yang semuanya didominasi bentuk bulat, dari konsol AC hingga hingga speedometer.
Di dalam panel instrumen di balik kemudi, terdapat MID (multi information display) yang memberi informasi konsumsi bahan bakar, tekanan angin tiap ban, kompas, suhu di luar mobil, sisa jarak tempuh yang dapat dilalui dengan bahan  bakar yang tersedia, serta radio dan CD yang sedang didengarkan.
Sedangkan di konsol tengah, terdapat head unit dengan layar sentuh 6,5 inci. Fitur-fitur audionya cukup lengkap, seperti port USB yang terintegrasi, pemutar DVD, MP3, iPod, dan yang menarik, terdapat juga fitur hard disk dengan kapasitas 30 GB yang dapat menyimpan foto, playlist, dan lagu tentunya.
Semua ini didukung sembilan speaker dari Boston Acoustics, yang tersebar di sekeliling kabin. Fitur-fitur audio juga dapat dioperasikan melalui perintah suara (voice command), atau dari tombol yang tersedia di balik kemudi.

Produk Jeep yang masuk ke Indonesia dipastikan tidak mengalami penurunan fitur (spec-down). Karena itu, Patriot yang Anda kendarai akan sama dengan Patriot yang ada di Negeri Paman Sam, misalnya. Jadi, jangan heran jika Anda menemukan tombol yang mengatur  heater pada kursi depan, sunroof, dan fitur-fitur menarik lainnya.

Duduk di depan kemudi, Patriot memberi posisi yang cukup tepat bagi rata-rata pria dewasa.Sedangkan untuk reclining dan menaik-turunkan kursi dilakukan secara manual dengan tuas.  kualitas jok kulit Overland yang digunakan akan membuat Anda melupakan material plastik dashboard yang biasa saja.

Hal mengejutkan lainnya adalah, kelapangan kabin Patriot patut diacungi jempol.  Baik di depan maupun di belakang, headroom dan legroom memberikan keleluasaan yang menyenangkan.

Mesin 2.359 cc yang bertenaga puncak 164 hp dan torsi maksimum 297 Nm di balik bonnetnya juga memberi performa yang memuaskan. Akselerasinya pun terasa cukup agresif di setiap kecepatan. Transmisi continuously variable transaxle II (CVT) juga memberikan perpindahan gear yang lembut. Performanya juga terasa lebih istimewa jika kita mencoba mengoperasikannya secara manual.
Soal pengendalian, gejala body roll saat bermanuver tidak begitu terasa berkat fitur ESP (electronic stability program). Putaran lingkar kemudinya yang akurat dan mantap (tidak terlalu ringan) juga memberikan kesenangan tersendiri ketika bermanuver.  Konsumsi bahan bakar Patriot adalah 10 kpl.

Keunggulan
- Gearbox, pengendaraan nyaman dan Fitur

Data Fakta
Harga    Rp 550 juta
Mesin    4-silinder segaris, 2.359 cc
Tenaga    164 hp @ 6.000 rpm
Torsi    297 Nm @ 4.5000 rpm
Transmisi    CVT dengan manual mode
Kons. BBM    8,33 kpl
Tangki    51 liter

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

BANNER